Tips Membuat Desain Interior Rumah Minimalis Sempit

Setiap orang yang sudah membina rumah tangga, tentunya menginginkan memiliki rumah sendiri untuk keluarga kecilnya. Tak harus rumah besar dan luas, mengingat saat ini harga tanah pun begitu mahal.

Rumah kecil dan lantai 2 pun bisa menjadi alternatif terbaik bagi keluarga kecil Anda. Nah untuk membuat rumah kecil ini nampak lebih luas, penggunaan gaya minimalis pada bagian dalam ruangan adalah pilihan yang tepat.

Nah untuk memaksimalkan desain interior rumah minimalis sempit ini supaya terkesan lebih luas, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda coba.

  1. Gunakan warna terang

Dalam penerapan desain interior rumah minimalis, beberapa warna yang sering digunakan adalah warna-warna netral seperti abu-abu, putih, silver, cream dan lain-lain. Nah penggunaan warna-warna netral yang cerah ini selain akan memberikan kesan lebih simple juga bisa memberikan kesan luas pada rumah Anda.

Selain warna cat dinding, pemilihan ubin dengan warna cerah juga akan lebih memaksimalkan kesan luas pada rumah Anda.

  1. Pasang kaca

Satu perabot yang akan sangat membantu dalam pengembangan desain interior rumah minimalis adalah kaca. Ya, Anda bisa memasang kaca besar pada satu sisi dinding, dimana kaca ini berfungsi untuk memberikan kesan dua kali lipat lebih luas.

  1. Minimalisir hiasan

Meskipun tanpa satu pun hiasan ruangan akan nampak begitu sepi, namun apabila Anda menggunakan konsep minimalis nampaknya pemasangan hiasan ini harus diminimalisir.

Pilihlah beberapa hiasan saja yang memiliki bentuk simple namun unik dan mempunyai nilai estetika tinggi. Khusus untuk hiasan dinding, pastikan Anda tak memilih hiasan dinding yang terlalu besar sehingga membuat dinding terkesan tidak luas.

  1. Properti multifungsi

Untuk menghemat ruang yang digunakan sebagai tempat properti, Anda bisa memilih properti multifungsi sebagai solusinya. Semisal untuk kamar tidur Anda bisa menggunakan ranjang yang memiliki kolong rak.

Dengan begitu Anda tak harus menggunakan lemari lagi, sebab rak kolong ini bisa digunakan sebagai tempat menyimpan pakaian atau peralatan lain.

  1. Kurangi sekat

Pada rumah minimalis yang ukurannya tidak terlalu besar, penggunaan sekat yang terlalu banyak hanya akan membuat rumah terkesan lebih sempit. Oleh sebab itu, sebaiknya minimalisir penggunaan sekat permanen.

Buatlah beberapa ruangan menjadi satu ruangan luas tanpa sekat. Seperti ruang keluarga, ruang makan dan pantri yang dibuat dalam satu ruang tanpa sekat.

Atau jika tidak memungkinkan, buatlah ruangan dengan sekat non permanen atau sekat dinding kaca yang memungkinkan Anda melihat sisi dari ruangan lain.

  1. Perbanyak jendela

Selain untuk memberikan kesan lebih luas, desain interior rumah minimalis dengan memperbanyak jumlah jendela atau memperlebar ukuran jendela pun akan sangat bermanfaat untuk sirkuliasi udara di dalam ruangan.

Baca juga: Desain Interior Ruang Tamu Unik

  1. Pertinggi dinding

Tips terakhir untuk membuat desain interior rumah minimalis sempit supaya terkesan lebih luas adalah dengan membuat dinding lebih tinggi. kombinasi dinding tinggi dengan warna dinding yang cerah, lantai serta eternit yang cerah akan menghasilkan ruangan yang sempurna.

Untuk menambah kesan dramatis dan hangat pada ruangan, Anda pun bisa memasang lampu di setiap sisi ruangan atau pada setiap pojok eternit.

Itulah beberapa tips untuk membuat desain interior rumah minimalis sempit supaya terkesan lebih luas dan nyaman. Nah untuk membuat rumah Anda terasa lebih nyaman, Anda pun bisa mengombinasikan gaya lain seperti kontemporer yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan gaya minimalis.

Hanya saja untuk gaya kontemporer jauh lebih mengedepankan properti berkesan mewah dan full teknologi.

Leave a Comment